Info Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKR) Tahun 2019 Tingkat SMP dan SMA

Lomba Karya Ilmiah Remaja
Info Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKR) Tahun 2019 Tingkat SMP dan SMA

Info Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) merupakan kompetisi ilmiah remaja tertua di Indonesia, yang telah diselenggarakan sejak tahun 1969. Penyelenggaraan program kopetisi ini tentunya untuk menjaring proposal terbaik seluruh Indonesia untuk dibimbing langsung oleh peneliti LIPI.

Pelaksanaan LKIR yang sering disebut lomba karya ilmiah remaja dilaksanakan dengan cara sesi pembimbingan (mentoring). Selama masa pembimbingan tersebut, para peserta yang proposalnya yang terpilih akan mendapatkan bimbingan langsung dari peneliti – peneliti LIPI dengan kepakaran yang sesuai serta mendapat kesempatan untuk menggunakan fasilitas penelitian yang dimiliki Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).


Apa itu Lomba Karya Ilmiah Remaja ?


Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) adalah ajang kompetisi ilmiah bagi siswa SMP dan SMA maksimal Kelas XII pada saat presentasi finalis.

Kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan mereka dalam menganalisa permasalahan dalam mencari solusi yang tepat melalui penelitian ilmiah dan aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi.

Setiap peserta harus mengikuti semua persyaratan yang tercantum pada informasi di bawah ini sebelum membuat proposal penelitian.

Remaja adalah generasi bangsa. Sebagai Generasi mudah Indonesia penerus bangsa tentu perlu sebuah wadah untuk menampung dan menguji ide – ide ilmiah mereka secara mendalam.

Sebagai bagian dari revolusi mental, LIPI diharapkan dapat mengambil peran khususnya dalam membudayakan pemikiran ilmiah dalam diri remaja Indonesia. Penyelenggaraan kompetisi Ilmiah bagi remaja merupakan salah satu upaya pembinaan ilmiah yang dilakukan oleh LIPI.

Info Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) TAHUN 2019 SMP dan SMA


Jadi untuk mengetahui lebih jelas terkait mekanisme pelaksanaan Lomba Karya Ilmiah Remaja 2019 untuk tingkat SMP dan SMA dapat disimak dibawah ini.

Syarat Peserta LKIR Tingkat SMP dan SMA


Adapun kriteria persyaratan bagi peserta penilaian lomba karya ilmiah Jenjang remaja adalah sebagai berikut :

  1. Siswa SMP dan SMA atau sederajat, dengan ketentuan maksimum peserta adalah siswa kelas XII pada saat Presentasi Finalis.
  2. Perorangan atau kelompok maksimal 2 (dua) orang.
  3. Belum pernah menjadi pemenang LKIR atau lomba sejenis tingkat nasional lainnya dalam kurun waktu dua tahun terakhir.
  4. Melampirkan surat keterangan/rekomendasi dari sekolah/instansi terkait dan daftar riwayat hidup yang berisi:
    a. Nama Lengkap
    b. Jenis Kelamin,
    c. Tempat dan Tanggal Lahir,
    d. Alamat Domisili,
    e. Sekolah/Instansi,
    f. Nomor Telepon/HP Peserta/Ketua Kelompok
    g. Email Pribadi Peserta/Ketua Kelompok
    h. Diketahui oleh orangtua atau wali dengan tanda tangan.
  5. Karya Ilmiah yang sedang diikutsertakan dalam kompetisi ilmiah lainnya, tidak dapat diikutsertakan dalam LKIR.

Manfaat Mengikuti Lomba Karya Ilmiah Remaja

Mampuh menumbuhkan semangat meneliti, kreativitas, dan inovasi masyarakat berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dapat meningkatkan kreativitas dalam proses belajar-mengajar ke arah istem pembelajaran iptek yang lebih menarik dan efektif.

Meningkatkan aktivitas dan wawasan peneliti muda dalam penguasaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, baik di tingkat nasional, regional, maupun internasional.

Alur Pelaksanaan Pendaftaran

Pendaftaran
Proses pendaftaran dan registrasi Lomba Karya Tulis Ilmiah 2019 dilakukan secara online pada website kompetisi.lipi.go.id dari tanggal 21 Januari 2019 s.d. tanggal 30 April 2019. Jadi bagi Peserta disarankan untuk menggunakan email pribadi, kontak pribadi, dan juga kontak kantor/sekolah untuk memudahkan komunikasi dengan panitia. Format Proposal tersedia pada kompetisi.lipi.go.id.

Seleksi Administrasi
Proses Seleksi administrasi oleh pihak panitia akan dilakukan pada tanggal 23 April – 8 Mei 2019 Peserta yang tidak lolos seleksi ini adalah calon peserta yang tidak memenuhi syarat dan kriteria serta tidak melengkapi seluruh persyaratan dokumen. Bagi peserta yang lolos administrasi selanjutnya akan melewati proses seleksi proposal terbimbing.

Seleksi Proposal Terbimbing oleh Dewan Juri
Dewan Juri akan menyeleksi proposal dan akan menentukan secara langsung mentor yang akan membimbing karya ilmiah peserta yang lolos seleksi. Proposal yang lolos untuk dibimbing akan diumumkan secara online di website kompetisi.lipi.go.id pada tanggal 22
Mei 2019.

Pembimbingan (Mentoring) karya ilmiah
Proses pembimbingan proposal dilakukan mulai Tanggal 27 Mei 2019 s.d. 27 September 2019.

Nah, untuk mengetahui informasi lebih jelas mengenai program Karya Ilmiah Tahun 2019, silakan langsung saja download panduanya dibawah ini untuk mengetahui alur dan prosedur pelaksanaan.

Panduan Kopetensi Lipi Terkait Karya Ilmiah [ Link Unduhan]

Daftar Unduhan Kopetensi Ilmiah Lipi

Format Proposal Karya Tulis Ilmiah Unduh Disini
Uraian Desain NYIA Unduh Disini

Demikian informasi yang dapat kami bagikan mengenai informai tata cara dan pelaksanaan Karya ilmiah untuk jenjang Remaja. Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan