Syarat Pencairan Sertifikasi Guru Terbaru Tahun 2019/2020

Syarat Pencairan Sertifikasi Guru Terbaru
Syarat Pencairan Sertifikasi Guru Terbaru

Syarat Pencairan Sertifikasi Guru Paling baru 2019 – Bicara tentang Sertifikasi Guru, pastinya beberapa pendidik di semua Indonesia sangatlah mengetahui serta mengerti yang namanya serifikasi.

Pastinya setiap guru pastinya menginginkan sertifikasi ini dikarenakan guru juga akan memperoleh tunjangan spesial dari pemerintah setiap bulan untuk menanggung kesejahteraan beberapa guru di Indonesia.

Saya rasa seluruh guru menginginkan supaya dapat memperoleh sertifikasi. Mengingat hingga sekarang ini kesejahteraan pendidik masih tetap begitu minim sekali. Terlebih di sekolah-sekolah swasta.

Sertifikasi guru jadi keinginan dan darapanuntuk penuhi kebutuhan pendidik. Hingga mereka dapat konsentrasi serta meningkatkan kompetensinya dalam sistem belajar mengajar disekolah.

Syarat Pencairan Sertifikasi Guru Terbaru Tahun 2019/2020

Sertifikasi Guru yaitu tunjangan yang didapatkan pada beberapa guru di Nusantara yang sudah penuhi syarat tertentu serta dinyatakan lulus saat diselenggarakan sertifikasi.

Selanjutnya setelah mereka memenuhi syarat sertifikasi dan telah lulus maka akan mendapatkan tunjangan sebesar Rp 1. 500. 000 (satu juta lima ratus ribu rupiah) setiap bulannya yang dicairkan dalam periode waktu beberapa bulan sekali.

Kebanyakan pencairan dana sertifikasi ini pastinya bakal cair setiap 6 bulan sekali. Jadi banyak guru bakal mendapatkan tunjangan sebesar Rp. 9. 000. 000 (sembilan juta rupiah) dalamwaktu 6 bulan.

Tidak semuanya guru dapat langsung mendapatkan sertifikasi. Mereka mesti penuhi beragam kriteria sebelumnya nanti dapat dinyatakan layak untuk disertifkasi.

Mengenai syarat-syarat sertifikasi tersebut di antaranya mencakup NUPTK, SK Guru Tetaplah, SK aktif mengajar serta banyak sekali lagi yang lain.

Pencairan Sertifikasi Guru

Tentang penyaluran dana sertifikasi guru sudah ditata dalam Ketentuan Menteri Keuangan tentang Pengelolaan Transfer ke Daerah serta Dana Desa yakni PMK Nomor 187/PMK. 07/2016 yang terbit pada tanggl 2 Desember Tahun 2016.

Berdasar pada pasal 80 (1) dalam PMK itu diterangkan kalau berkaitan penyaluran Dana TP Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD) juga akan dikerjakan dengan Triwulanan, yakni :

Triwulan I dikerjakan paling cepat pada bln. maret

Triwulan II dikerjakan paling cepat pada bln. juni

Triwulan III dikerjakan paling cepat pada bln. september

Triwulan IV dikerjakan paling cepat pada bln. November

Berkaitan dengan tunjangan sertifikasi guru pihak Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) telah meluncurkan Ketentuan Peraturan Menteri Pendidikan serta Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 17 Th. 2016 yang mengulas mengenai Panduan Teknis Tunjangan Sertifikasi Guru serta Penambahan Pendapatan untuk Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD).

Jadi untuk lebih detilnya silakan anda tekuni Juknis Tunjangan Profesi Guru tersebut dapat di unduh DISINI

Di dalam juknis tunjangan sertifikasi tersebut telah dibahas secara detail serta rincian mengenai mekanisme sertifikasi s/d penyaluran dananya.

Prasyarat Pencairan Sertifikasi Guru

Untuk anda yang telah masuk pada kelompok guru penerima sertifikasi, ada syarat-syarat yang perlu dibawa oleh guru saat juga akan mencairkan dana ini di Bank.

Tidak cuman isi formulir para guru akan disuruh untuk membawa berbagi dokumen jadi persyaratan pencairan sertifikasi guru.

Mengenai dokumen-dokumen yang dipersiapkan yaitu sebagai berikut :

Syarat Umum, mencakup :

  • Foto Copy (KTP).
    Foto Copy Kartu Nomor Unik Pendidik serta Tenaga Kependidikan (NUPTK)/NRG (ini bila ada).
    Surat keterangan (SK) Kepala Sekolah terkait yang berisi menyatakan kalau guru yang berkaitan adalah guru di sekolah itu serta di dalam tercantum NUPTK, NRG, Nomor Peserta serta alamat KTP.

Syarat Pencairan Sertifikasi Khusus :

Bila berlangsung ketidaksamaan NUPTK, guru yang berkaitan mesti membawakan foto copy Sertifikat Pendidik atau SK Tunjangan Profesi pada th. Biaya 2013 yang lalu
Jika berlangsung ketidaksamaan nama pada yang berada di KTP dengan SK serta nama yang berada di rekening, jadi guru yang berkaitan mesti membawakan surat info dari pihak kepala sekolah berkaitan yang berisi menjelaskan tentang ketidaksamaan tersebut

Guru Mutasi :

Untuk beberapa Guru Mutasi, beberapa syaratnya yaitu Dokumen pada kriteria umum diatas ditambah dengan banyak hal di bawah ini :

Photo Copy dari Surat Ketentuan mutasi untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Surat Info mutasi yang datang dari Yayasan/Komite/Kepala Sekolah spesial untuk beberapa guru bukanlah PNS

(Jika rekening sudah aktif serta guru berkaitan sudah memegang buku rekening yang disebut, abaikan semuanya kriteria itu).

Download Juknis Sertifikasi Guru

Download Buku 2 Juknis Sertifikasi Guru 2018.pdf

Demikian informasi mengenai syarat Pencairan Sertifikasi Guru Paling baru 2019 yang dapat admin bagikan. Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan